#navbar-iframe { height:0px; visibility: hidden; display: none; }

Kamis, 15 Maret 2012

UKM Al- Mizan UIN Sunan Kalijaga

Al Mizan adalah salah satu UKM yang mempunyai kegiatan yang berhubungan dengan seni membaca dan menulis Al-Quran. Al Mizan bermula dari sebuah komunitas kumpulan para Qari dan Tahfid yang merasa bahwa ilmu mereka perlu untuk di bagikan kepada orang lain. Komunitas tersebut kemudian bekerja sama untuk mengumpulkan modal dan membentuk manajemen sehingga Al Mizan pun lahir. Saat ini Al Mizan dipimpin oleh Kak Barid sebagai ketua umum, ia adalah mahasiswa fakultas dakwah di UIN sunan Kalijaga. UKM ini mempunyai kantor di gedung Student Center lantai dua.
Al Mizan terbagi menjadi lima divisi yaitu tilawah, tafsir, shalawat, kaligrafi dan tahfidz Al Quran. Tujuan dari UKM ini adalah untuk memajukan dan mengembangkan pengetahuan serta keterampilan mahasiswa dalam seni membaca dan menulis AL Quran. Al Mizan mengadakan kegiatan indoor dan outdoor secara berkala pada setiap minggu, yaitu latihan satu sampai tiga kali dalam seminggu. Contoh kegiatan indoor adalah seperti membaca shalawat bersama dan belajar melukis kaligrafi di dalam Student Center , lalu ada kegiatan tilawah di dalam masjid UIN sunan Kalijaga. Sedangkan kegiatan outdoornya adalah latihan tilawah dan tarjamah di serambi masjid, kegiatan outbond atau keakraban di Babarsari, dan studi komparatif ke luar kota. Model pelatihan pada Al Mizan ada beberapa macam yaitu diklat, setoran hafalan setiap minggu, dan presentasi di depan para anggota dengan menyampaikan materi yang telah dipelajari.
Sistem perekrutan Al Mizan diadakan minimal setahun sekali. Untuk menarik minat para mahasiswa, Al Mizan juga melakukan promosi atau menyampaikan profil mereka kepada orang lain. Misalnya ketika pentas seni , Al Mizan yang telah diuandang pada acara tersebut melakukan promosi pada pengunjung, kemudian melaksanakan kegiatan workshop dll. Dalam kegiatan perekrutan anggota baru, Al Mizan mengadakan beberapa tahap, yaitu pendaftaran, tes tulis dan wawancara, dan training atau pelatihan bagi anggota baru sesuai kegiatan yang dipilih. Prestasi yang telah diraih oleh Al- Mizan adalah :
- Shalawat terbaik pada festival Internasional Walisongo
- Juara 3 festival shalawat se-DIY
- Juara 1 tafsir Al-Quran se-DIY
- Juara MTQ putera puteri se-DIY dll

Pada penyusunan agenda dan kegiatan Al Mizan , Al Mizan telah mengelola manajemen pelaksanaannya dengan cukup baik, yaitu :
- Planning/perencanaan
Berupa evaluasi bulanan , perekrutan anggota baru setahun sekali, melaksanakan workshop, dan untuk kegiatan harian adalah rapat kerja
- Organizing/pengorganisasian
Ketika ingin meminjam sarana kampus sebagai tempat untuk latihan para pengurus mengajukan surat pemimjaman tempat kepada rektorat, dan kegiatan koordinasi pengurus dan anggota kelompok sesuai divisi masing-masing
- Actuating/pelaksanaan
Melaksanakan latihan dan evaluasi secara rutin sesuai jadwal, mengadakan kegiatan outbond di suatu tempat, dan pelaksanaan workshop
- Controlling/pengendalian
Laporan yang di buat pengurus berupa hasil kerja kepada ketua dan rektorat kampus, mengadakan musyawarah akhir setahun sekali sebagai kegiatan evaluasi dan laporan pertanggungjawaban para pengurus UKM Al Mizan.

Dengan demikian UKM Al Mizan selalu berusaha untuk meningkatkan mutu dan mengembangkan kegiatan UKM-nya. Sehingga seni membaca dan menulis AL Quran dapat dipelajari dan diambil manfaatnya bagi kehidupan.

Narasumber : Mutakalliman ( JS fakultas Syariah )
Barid ( fakultas Dakwah ).

1 komentar:

  1. Blog Yang Bagus...

    Sekilas Info Bagi Blogger Mania yang ingin mendapatkan uang sampingan dari blog anda :-)
    Lowongan Kerja Sampingan Gaji Pokok 2 Juta rupiah/Bulan, Kesempatan Income Hingga Puluhan Juta Rupiah. Pendaftaran Melalui http://newkerjaonline2012.blogspot.com/

    BalasHapus